Thursday, May 4, 2017

Kuliah sembari berwirausaha?



Kalau kamu punya niatan untuk jadi seorang wirausahawan, tidak perlu menunggu sampai lulus kuliah. Mungkin selama ini kamu selalu berpikir bahwa kuliah sambil berwirausaha itu pasti repot. Hmm, gak juga kok. Memulai usaha sejak masih kuliah justru memberimu banyak keuntungan. Saat ini banyak pihak yang membantu para wirausaha muda untuk memberikan modal. 

Ide unik usahamu jadi bisa lebih berkembang. Menumbuhkan usaha kecil-kecilan sejak kuliah bisa membuatmu punya pekerjaan pasti saat sudah lulus kuliah nanti. Bagaimana sih sukses berwirausaha saat masih duduk di bangku kuliah? Simak beberapa tips berikut:

 1. Temukan ide unik yang memungkinkan untuk kamu kerjakan, kemudian, minta pendapat dosen atau orang yang kamu tuakan.
Coba kamu menulis beberapa ide bisnis yang unik dan kreatif. Tidak perlu banyak dan muluk-muluk ya, yang realistis saja. Setelah kamu menemukan ide unik, kamu bisa diskusikan pada dosen, orang tua, atau orang yang berpengalaman.

2. Yakin dengan idemu, tapi harus di uji coba dulu untuk memasarkannya besar-besaran.
Buatlah uji coba pada orang-orang yang dekat denganmu. Ini adalah salah satu keuntunganmu sebagai mahasiswa. Kamu masih punya banyak teman yang bisa kamu ajak untuk sharing dan bertanya. Lingkunganmu yang sangat kritis akan memberi banyak informasi dan masukan untuk perkembangan bisnismu. Tampung semua kritik dan saran demi kemajuan bisnismu.

3. Jika respon yang diterima belum memuaskan, terus perbaiki.
Kalau respon produk yang kamu buat belum memuaskan, ulang dan perbaiki sampai respon yang diberikan orang-orang menjadi baik dan memuaskan. Perlu konsistensi dan semangat agar produk kamu disukai oleh orang.

4. Mencari ilmu dan pengetahuan baru
Kamu perlu mencari ilmu dan pengetahuan baru. Kamu bisa mencari seorang mentor atau teman yang bisa memberimu masukan dan saran tentang usahamu. Kamu tidak bisa bekerja sendirian, untuk menghasilkan produk yang bagus mintalah bantuan orang-orang disekitarmu.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Bagiamana? Manfaatkan kuliah kamu sebaik-baiknya ya.

0 comments:

Post a Comment